Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin

Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin - Pernah merasakan gatal pada kelamin? Waspada gatal pada kelamin bisa menjadi tanda bahwa anda terkena penyakit kelamin.  Pasti sangat terganggu jika muncul rasa gatal di sekitar kelamin yang muncul di muka umum.Tidak mudah memang untuk menggaruk gatal di bawah sana apalagi jika gatal muncul di keramaian.



Sebagian orang mengira bahwa gatal-gatal pada kelamin adalah hal yang wajar dan banyak yang mengabaikan, padahal rasa gatal yang muncul pada kelamin merupakan tanda bahwa ada yang salah pada kulit kelamin anda. Yuk cari tau penyebab gatal pada alat kelamin dan cara mengatasinya.

Penyebab Kelamin Gatal

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya rasa gatal-gatal pada kelamin, diantaranya :

Penyakit Kelamin

Praktik seks tidak aman dapat menyebabkan penyakit kelamin menular, dan banyak dari penyakit ini membuat kelamin terasa gatal, termasuk klamidia, herpes genital, trikomoniasis, sipilis atau raja singa dan gonore. Kutu kelamin juga dapat muncul pada seseorang yang memelihara rambut pubis.

Sensasi gatal pada kelamin dapat berkembang menjadi rasa nyeri dan terbakar. Jika Anda mengalami kelamin gatal yang diikuti oleh gejala klasik lain dari penyakit kelamin, seperti nyeri saat buang air kecil, keputihan berbau busuk pada wanita, dan sakit saat berhubungan seks, maka langkah yang tepat adalah melakukan penanganan dan pengobatan sejak dini. 

Infeksi Jamur

Jamur akan tumbuh berkembang dengan baik di suhu yang lembab dan hangat. Di mana lagi kalau bukan di lipatan-lipatan kulit, di balik celana dalam, dan di kulit yang kotor?  Ciri-ciri anggota tubuh yang terkena jamur adalah timbulnya iritasi, ruam kemerahan, luka lecet (akibat digaruk berlebihan), dan gatal-gatal. Inilah sebabnya mengapa kulit lipatan belakang skrotum menjadi habitat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh. Infeksi jamur yang tumbuh akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Infeksi Ragi

Jika kelamin terasa gatal, kadang juga disebabkan oleh infeksi ragi candida albicans. Biasanya jamur ini bermukim di vagina wanita. Tapi, tidak jarang juga testis pria bisa terserang. Kenapa pria bisa terserang? Nah, hal ini disebabkan oleh kontak seksual yang memindahkan jamur dari vagina ke alat kelamin pria.

Peradangan Pada Kulit Kelamin

Kelamin terasa gatal, daerah selangkangan gatal, ada ruam-ruam merah di sekitar kelamin, disertai gatal yang sangat hebat, bisa jadi Anda terkena peradangan kulit pada bagian kelamin. Peradangan pada kulit ini juga bisa disebabkan oleh alergi. Alergi yang mungkin terjadi antara lain, alergi dari bahan kimia yang menempel ke kulit dan disebabkan oleh bahan kimia, wewangian, perwarna pakaian, tanaman, bahkan barang-barang lainnya yang bisa memicu timbulnya peradangan pada kulit

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang dimaksud adalah faktor yang di sebabkan oleh beberapa hal di antaranya mencukur alat kelamin, penggunaa bahan kimia, iritasi kulit dan lain sebagainya



Pentingnya menjaga kebersihan kelamin untuk menghindari terjadi masalah pada kelamin anda seperti mencuci kelamin setelah atau sesudah berhubungan intim, dan mencuci kelamin setelah buang air kecil, hindari penggunaan bahan kimia pada kulit kelamin, dan gunakan celana atau CD yang sudah bersih. Menjaga kelembaban kulit kelamin juga sangat penting untuk menghindari gatal-gatal pada kelamin.

Cara Mengatasi & Meredakan Gatal Pada Kelamin

Menggaruk alat kelamin bukanlah hal yang tepat mengatasinya namun hanya akan menyebabkan rasa gatal semakin menjadi jadi dan menyebar luar dan memperburuk keadaan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa gatal pada kelamin, diantaranya :
  • Memberikan obat oles, kream atau salep khusus kelamin untuk meredakan gatal pada kelamin adalah langkah yang tepat.
  • Hindari menggaruk kemaluan yang gatal. Anda dapat menepuk atau menekan dengan lembut.
  • Jika perlu, gunakan sarung tangan saat tidur guna menghindari menggaruk tanpa sadar.
  • Jika sungguh mengganggu, Anda dapat mengompres dengan air dingin pada area yang gatal.
  • Saat mandi, lebih baik menggunakan air biasa dibandingkan air panas. Sebaiknya jangan mandi lebih dari 20 menit.
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh. Lebih disarankan dengan gerakan menepuk, dibandingkan menggosok pada lokasi yang gatal.
  • Hindari sabun atau shower gel yang mengandung parfum.
  • Cuci pakaian dalam dengan deterjen tanpa tambahan pengharum.
  • Bagi para wanita, setelah buang air kecil, bilas dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus terbawa ke alat kelamin.
  • Pilih pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari katun. Ganti minimal tiap 24 jam.
  • Hindari hubungan seks tanpa pengaman, terutama saat Anda atau pasangan terkena infeksi atau penyakit kelamin lainnya.
Hindari ketidaknyamanan akibat gatal pada kemaluan dengan penanganan yang sesuai. Jika gejala berlanjut atau bertambah parah, segera temui dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Sekian ulasan mengenai Penyebab Gatal Pada Alat Kelamin semoga bermanfaat, jika anda memiliki pertanyaan seputar gangguan pada kelamin atau kemaluan silahkan hubungi kami.

Tanya-tanya keluhan atau mau konsultasi? Silahkan hubungi kami di:

0852.2000.1886 ( Whatsapp, Tpl dan Sms )

0838.4425.0001 ( Tlp dan Sms )

0896.9395.9533 ( Tlp dan Sms )